Selasa, 24 Mei 2011

KONSEP DAN LOKASI BENGKEL

MEGA MOTOR KEBUMEN


Survey Lapangan 

Survey dulu bengkel yang ada di sekitar tempat anda akan membuka bengkel,mengenai kelebihan dan kekurangan pelayanan di bengkel tersebut,standar harganya,fasilitas dan pelayanan,serta hal apa yang paling menonjol.Secara umum yang membuat bengkel laku adalah kualitas pekerjaanya,murah,kelengkapan dan fasilitas,serta pelayanan khasnya kepada konsumen.
Jadi cari apa yang membedakan bengkel anda nantinya dengan bengkel yang sudah ada,sebagai pendorong konsumen datang ke bengkel anda nantinya.

 Menyusun konsep bengkel 

 * Melihat potensi pasar yang ada

 * Menargetkan pasar yang akan kita garap

 * Mencari lokasi yang tepat

 * Lakukan proses kerja terstandarisasi

 * Menjaga mutu dan kualitas kerja

 * Menciptakan kepuasan pelanggan

 * Memperoleh repeat order / pesanan ulang

 * Membentuk image / citra yang baik bengkel kita di masyarakat

 Segmentasi,Targetting ( Penentuan Sasaran ), dan Positioning ( Penempatan ) 

Lokasi merupakan faktor terpenting dalam usaha bengkel,misalnya kalau tempatnya ramai dan berada dipinggir jalan gak perlu modal besar untuk promosi,cukup pasan spanduk saja sudah cukup.
Ini berkaitan erat dengan segmentasi pasar yang anda lakukan,pilih pasar mana yang akan digarap dan selanjutnya tanamkan dibenak konsumen jasa apa yang anda berikan kepada mereka.

 Proses Segmentasi, Targetting, dan Positioning 

* Segmentasi adalah proses membagi bagi pasar / pemetaan pasar secara kreatif menjadi beberapa segmen yang  memiliki kesamaan kecenderungan konsumen,misalnya mencari harga murah.

* Targetting adalah mengevaluasi secara cermat segmen mana yang anda jadikan target,yang mengacu pada tiga  dasar yaitu :

   + Harus memiliki potensi pasar yang besar dan bisa tumbuh

   + harus selaras dengan keunggulan kompetitif yang dimiliki bengkel anda

   + Lihat faktor yang mendukung dan menghambat perkembangan bengkel anda di sana.

* Positioning adalah Janji paket apa yang akan diberikan ke pelanggan,untuk membangun kepercayaan dan keyakinan    dalam benak pelangganakan kompetensi bengkel anda.

 Contoh penerapan Segmentasi, Targetting, dan Positioning 

Sebagai contoh di sekitar anda adalah lingkungan mahasiswa dan pekerja yang tiap hari dilalui lalu lalang sepeda motor,maka sebaiknya anda membuka bengkel servis dan modifikasi sepeda motor.

Tapi jangan lupakan keunggulan kompetensi yang anda miliki yaitu harga yang murah karena mahasiswa dan pekerja keuangannya biasanya pas pasan,jadi anda harus punya akses ke pemasok sparepart dan accessoris motor yang murah meriah,sehingga harga jual anda sangat kompetitif.
Anda juga harus punya tempat parkir yang cukup luas agar bisa muat banyak kendaraan.

Perhatikan juga kondisi yang menghambat misalnya mahalnya sewa tempat, adanya pungutan liar, berapa pemasok yang bisa memasok barang ke tempat anda, berapa bengkel di sekitar lokasi yang berpotensi menjadi pesaing anda.

 Dari contoh diatas dapat kita simpulkan yaitu membuka bengkel sebaiknya jangan persis di dalam lingkungan pasar atau tempat perbelanjaan,selain mahal juga banyak kendaraan parkir sembarangan di situ.

Seaiknya pilih yang agak jauh dari pasar,sewanya murah,tapi jangan di tikungan dan jauh dari jalan raya,serta tempat yang aman dari penggusuran.jadi bengkel anda bisa dirumuskan sebagai bengkel motor khusus karyawan dan mahasiswa yang biaya servis murah dan sparepartnya juga murah,kualitas rapi dan terjamin serta lokasi yang mudah dijangkau.

 Tiga Hal Penting Dalam Segmentasi Pasar 

1. Anda Harus memandang pasar dari sudut pandang unik

    Sebagai contoh sekarang ini lagi trend motor matic yang berukuran mini,dan makin banyak produsen motor yang berlomba lomba membuat motor mini ini.Motor mini ini menjadi favorit terutama perempuan karena mudah mengendarainya dan ringan.

    Disisi lain banyak pengguna motor matic ini yang ingin penampilan motornya tetap trendi sementara belum banyak bengkel khusus yang menggarap khusus modifikasi mesin,kaki kaki dan bodi motor matic,misalnya mengganti ukuran velg yang lebih besar memerlukan perubahan pada kaki kakinya dengan teliti dan hati-hati,sebab salah perhitungan akan membuat motor susah untuk dikendarai.

  Tapi jika anda bisa memanfaatkan peluang ini akan menjadi nilai lebih untuk bengkel anda,jika anda bingung bisa mencontoh dari internet ide ide modifikasi motor matic ini,intinya lakukan cara pandang berbedadan kreatif,apa yang dilihat bengkel lain sebagai kendala,bisa menjadi kesempatan besar bengkel anda.

 2. Harus mencerminkan perilaku pembeli atau mengarah ke pelanggan mengapa membeli produk anda

    Anda bisa mengarahkan segmentasi bengkel anda pada segmen anak muda,karena melihat besarnya populasi anak muda serta potensi daya belinya.Anak muda suka mendandani motornya dengan berbagai accessoris,karena mereka beranggapan kendaraan yang mereka tunggangi mencerminkan pengendaranya.Jadi,dari yang sekedar mengikuti trend,sampai yang memodifikasi total,semuanya ada di komunitas mereka.satu lagi kelebihannya,mereka cepat bosan dan sering ganti gonta ganti modifikasi.Ini merupakan peluang yang sangat bagus.

   Bengkel modifikasi bisa diawali dengan bengkel kecil yang hanya menjual accessoris kendaraan misal : sticker,lampu lampu variasi, knalpot bergaya racing dan lainnya.jika sudah berkembang anda bisa mensponsori tunggangan salah satu pelanggan untuk ikut modifikasi motor,jika anda menang akan menjadi ajang promosi yang akan meningkatkan image baik bengkel anda.

 3. Harus memiliki ukuran yang signifikan untuk mendatangkan keuntungan bagi bengkel anda

   Jika calon pembeli anda sedikit maka bisnis anda akan sulit berkembang,misal anda membuka servis khusus mobil yang tidak umum seperti mobil buatan prancis seperti Renault,Peugeot dan Citroen,maka anda harus survey pasar terlebih dahulu.,apakah jumlah mobil ini sudah banyak beredar dan banyak pesaing yang membuka bengkel semacam ini.

Dari potensi pasar memang cukup bagus karena mobil mobil seperti ini biasanya agak sulit mencari onderdilnya di pasaran,biasanya pemasok hanya melayani onderdil by order saja.

   Tapi prospek mobil prancis ini bisa jadi tidak sebagus mobil pabrikan jepang,karena tingkat ekonomi masyarakat yang cenderung naik mereka akan membeli mobil-mobil yang sudah umum agar tidak sulit mencari onderdilnya dan mudah perawatannya.

Apalagi sekarang Jepang dan Korea memproduksi mobil dengan harga yang kompetitif dengan dukungan purna jual yang lengkap,maka dipastikan pemilik mobil Prancis tidak akan mudah menemukan pilihan bengkel.

  Dengan demikian membuka bengkel khusus mobil Prancis potensinya besar,namun secara pertumbuhan pasar potensinya kurang bagus karena lambat laun orang akan berganti dengan tipe mobil yang lebih baru dan gampang prosedur perawatannya.

 Tips Memilih Lokasi Bengkel 

1. Tepi jalan raya yang ramai

2. Jangan membuka bengkel di tepi jalan yang sempit dan sesak apalagi macet karena membuat orang malas datang

3. Jika lokasi bukan pinggir jalan raya,pastikan lokasinya mudah ditemukan,pasang papan penunjuk arah dan papan nama bengkel anda di pinggir jalan raya yang bisa dilihat dari segala penjuru

4. Di dekat perumahan

5. Dekat pusat kulakan onderdil biar gak perlu banyak stok di bengkel,dan mudah belanjanya jika kehabisan

6. Tempat peristirahatan sepanjang jalan tol

7. Daerah perbatasan antar kota,karena banyak orang yang bepergian lewat situ dan malas untuk masuk kota

8. Dekat SPBU , karena banyak kendaraan untuk mengisi bensin. ( RON215)

--------------------------------------------
Anda juga bisa sukses dengan menjadi mitra Bikermart di daerah anda,segera hubungi team marketing kami di 

BIKERMART CENTER

Jl. S Parman No. 206 Purwokerto
Jawa Tengah - Indonesia 53141

Email  : biker.mart@yahoo.co.id
Phone : 0281-621505
Facebook : 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar